DOI: https://doi.org/10.54214/alfawaid.Vol8.Iss1.104

Authors

Budi Santoso
Keywords: Bahasa Arab, Sumatra, Kitab Kuning

Bahasa Arab merupakan Bahasa al-Qurʾan dan bahasa hadis-hadis Nabi ṣallallāh ʿalaihi wa sallam dan merupakan salah satu bahasa resmi di dunia. Bahasa Arab tersebar -dengan izin Allah- seiring dengan tersebarnya Islam. Kaum muslim di semua zaman dan tempat mempelajari bahasa Arab. Ketika Islam masuk ke Indonesia melalui para pedagang, ketika itulah bahasa Arab pula masuk ke negara tersebut. Indonesia merupakan negara kepulauan, di antaranya Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Sumatera, dan lain-lainnya. Bahasa Arab telah masuk pulau Sumatera sejak waktu lampau. Di antara bukti dari hal tersebut adalah tersebarnya masjid-masjid dan musholla yang mengajarkan al-Qur’an. Kaum muslim mempelajari al-Qur’an dan mempelajari huruf-hurufnya. Mereka mempelajari al-Qur’an dan hurufnya dengan menyimak dan mengikuti suara pengajarnya. Halaqoh-halaqoh al-Qur’an itulah yang kemudia berkembang menjadi maʿhad-maʿhad sekolah-sekolah Islam. Kaum muslimin mendatangi maʿhad tersebut untuk mempelajari Islam dan bahasa Arab. Para santri mempelajari bahasa Arab melalui kitab kuning. Kitab-kitab tersebut ditulis dengan bahasa Arab dan bangga dengan mempelajarinya. Adapun metode pembelajaran bahasa Arab adalah: Bandongan, Sorogan, Halaqoh, Hiwār, Musyawarah, dan Bahth al-Masāʾil.

Ali, Lukman. 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jilid II, Departemen P & K RI. Jakarta: Balai Pustaka.

Arif,Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam.Jakarta: Ciputat Press.

Dhofier,Zamakhsyari1982. Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES.

Hasbullah. 1995. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia: Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hasymy, Ali. 1975. Pendidikan Islam di Aceh Dalam Perjalanan Sejarah. Banda Aceh: Sinar Darussalam.

Idris, Safwan. 1998. Pendidikan di Aceh. Banda Aceh. Majelis Pendidikan Daerah.

Islam, Tim Direktorat Jendral Kelembagaan Agama. 2003. Pola Pembelajaran di Pesantren. Jakarta: Departemen Agama RI, Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam, Direktorat Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren, Proyek Peningkatan pendidikan Luar sekolah pada Pondok Pesantren.

Kamaruzzaman dan Ahmad, Bustam. Pdf Jurnal Ilmiah Peuradeun: .tt: t.p., t.h.

Nuha, Ulin. 2016. Ragam Metodelogi Dan Media Pembelajaran Bahasa Arab.Yogyakarta:

Diva Perss.

Pane, Sanusi. 1995. Sejarah Perkembangan Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Songo, Fakultas Tarbiyah IAIN Wali. 2004. Metodologi Pengajaran Agama. Semarang: Pustaka Pelajar.

Zuhairini,dkk. 1981. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Malang: Biro Ilmiah Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel.