Ta’līmu Al-Jumal Bikitābi Al-sharfi Min Silsilati Ta’līmi Al-lughati Al-‘Arabiyyati Lil Mustawa Al-Tsani Bijāmi’ati ‘Ali bin Abī Thālib Surabaya

Penulis

  • Chusnul STAI Ali bin Abi Thalib

Abstrak

Pembelajaran sharaf termasuk kunci kebehasilan dalam
mempelajari bahasa arab, ilmu sharaf menempati posisi penting
seperti nahwu, ungkapan kalimat yang tidak memperhatikan kaidah
sharap bisa dipahami salah makna akibat salah pilihan terhadap kosa
kata bahasa yang perubahananya terdapat dalam ilmu sharaf, STAI
Ali bin Abi Thalib Surabaya sebagai kampus Islam memberikan
perhatian besar terhadap ilmu sharaf, proses pembelajaran ilmu
sharaf di STAI Ali dilaksanakan dengan menggunakan silsilah
ta’lim al-lughah al-arabiyyah lighairi nathiqina biha, dan kitab
sharaf diajarkan dalam silsilah tersebut di semester dua hingga
semester empat. Penelitian ini akan mengupas proses pembelajaran
ilmu sharaf di semester dua di STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya,
penelitian ini menggunakan kajian kepustakaan dan kajian lapangan
dengan munggunakan observasi sebagai alat pengumpul data, dan
setelah melakukan penelitan ditemukan hasil bahwa pembelajaran
sharaf di semester kedua menfokuskan pada pemahaman mahasiswa
terhadap perubahan kata kerja (fi’il) yang terdiri atas tiga huruf
dasar, acuan yang ditetapkan berupa kemampuan mahasiswa untuk
mentashrif fi’il tsulatsi mujarrad baik tashrif lughawi maupun
isthilahi, mampu membuat contoh kalimat dengan perubahan kata
yang ada, adapun metode yang digunakan adalah metode al
nus{u>s{ al mu’adal, metode ini menyajikan pembelajaran dimulai
dengan teks pembelajaran yang berkaitan dengan kaidah yang akan
dipelajari.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-04-01