DOI: https://doi.org/10.54214/alfawaid.Vol10.Iss1.95

Authors

Sapto Prabowo
Keywords: Problematika, Pembelajaran bahasa Arab, Non Linguistik

Artikel ini merupakan hasil penelitian yang penulis lakukan pada siswa kelas IV MI Islamiyah Ar Rahmah Surabaya. Adapun tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mendiskripsikan kesulitan pembelajaran bahasa Arab yang dihadapi siswa kelas IV MI Islamiyah Ar Rahmah lebih condong kepada permasalahan pembelajaran bahasa arab dari luar zat bahasa itu sendiri. Kedua, untuk mendeskripsikan gambaran usaha-usaha apa sajakah yang telah dilakukan oleh MI Islamiyah Ar Rahmah Surabaya untuk mengatasi hal tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriftif. Datanya diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah semua data terkumpul, dilakukan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan . Dan terakhir untuk menguji kebenaan data penelitian digunakan teknik tringaulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa permasalah non-bahasa yang ada adalah sebagia berikut: a) Pengajar: metode pembelajaran bahasa arab membosankan; b) Siswa: lemahnya minat dan motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab; c) lingkungan bahasa: tidak adanya lingkungan berbahasa arab di lingkungan sekolah d). waktu pembelajar: sedikitnya waktu pembelajaran bahasa arab. Solusi dari permasalah tersebut di atas adalah: 1) membuat lembar penilaian sikap dalam pembelajaran bahasa arab, 2) menghadirkan motivator psikologi anak dalam rapat komite, 3) membuat variasi metode dalam mengajar, 4) pemberian reward bagi yang pelajaran bahasa berhasil dalam menjawab soal, 5) keharusan pembuatan RPP bagi guru, 6) pengajuan penetapan bahasa sebagai pelajaran utama, 7) pemberian contoh berbahasa arab dilingkungan sekolah, 8) pengajuan proposal dana pembangunan kelas untuk TK.

Aḥmad thaīymah, Rushdy. 1989. taʿlīm al-ʿArabiyah li ghairi nātiqīna biha manahijuhu wa asālibuhu.

Anīs, Ibrāhīm, 5691. fi Lahajāt al-ʿArabiyah. al-Qāhira: maktabah al-Anjlu Misriyah.

Abdul ʿAzīz , Shālih wa ʿAbdul Majīd, at- Tarbiyatu wa Turuqu at- Tadrīs. al- Qāhiratu: Dārul Maʿārif.

ʿArif, Sāmy. 1999. Manāhij al- Baḥsi al-Ilmiy wa Asālibuhu. ʿUmān: Al- Urdun.

al- Galāyīn, Muṣthafa. 1993. Jamīʿu Ad- Durus al- ʿArabiyah. Bayrut: Dār al- Kutub al-ʿAlamiyah.

Kuliyatu al-Muʿalimin al-Islamiyah. 2011. Uṣūl at-Tarbiyah wa at-Taʿlīm. Fūnūrūgū: Dār as- Salām.

Muhammad Aly as-Samān, at-Taujīh fī Taʿlīm al-Lughah al-ʿArabiyah, (al-Qāhirah: Dār al- Maʿārif, 1983).

Maʿlūf, Luwis. 1976. al-Munjid wa al-Iʿlām, Bayrut: Dār al-Musyrif.

Hādyā, Nūr. 2011. al-Muwajjih li Taʿlīm al-Mahārāti al-Lughawiyati li Ghayri Nātiqīna biha. Malang: Matbaʿah Jāmiaʿh Maulāna Mālik Ibrāhīm Al- Islāmiyah Al- Ḥūkūmiyah.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 1995. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, edisi ke-2, cet. ke-4.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi 3. Jakarta: Balai Pusataka.

Fahrurrozi, Aziz dan Erta Mahyudin. 2010. Pembelajaran Bahasa Asing. Jakarta: Bania Publishing.

Hadi, Amirul. 1998. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Hidayat, Nanang Sarip. 2012. “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab”, Jurnal Pemikiran Islam: Vol. 37, No. 1.

J. Moleong, Lexy. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000), h. 3

Mardalis. 2008. Metode Penelitian (Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Siwandari. 2009. Statistik Deskriptif: Penyajian Data Statisti. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2010. Metode PenelitianPendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumardi, Maljanto. 1996. Berbagai Pendekatan Dalam Pengajaran Bahasa Dan Sastra. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Usman, Husaini dan Purnomo Setiadi Akbar. Metodologi Penelitian Sosial. 2009. .Jakarta: PT Bumi Aksara.

Waluyo. 1990. Kamus Umum Psikologi. Jakarta: Bintang Pelajar.

Yunus, Mahmud. Metodik Khusus Bahasa Arab (Bahasa Alqur’an) Jakarta: PT.Hidakarya Agung.