Isi Artikel Utama

Oscar Wardhana Windro Saputro

Metode  pembelajaran pada dasarnya adalah sesuatu yang bisa dipilih dalam proses pembelajaran agar pembelajaran menjadi efektif dalam efeknya terhadap peserta didik. Pendidikan Islam memiliki beraneka ragam metode pembelajaran  yang diambil dari Al-Qur’an dan Al-Hadith yang telah dijelaskan para ulama dan pendidik dalam Islam. Sebaik-baik pendidik dan sauri tauladan adalah Nabi Muhammad allallāh ʿalaih wasallam , maka metode pembelajaran beliau adalah yang paling baik dan paling bermanfaat. Diantara metode pembelajaran atau pendidikan Nabi allallāh ʿalaih wasallam adalah metode dengan menggunakan isyarat jari , yang mana  hal tersebut menjadi fokus pembahasan dalam penelitian ini , dengan bahasan pengertian dan tujuan-tujuannya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Sumber data primer penelitian ini adalah kitab-kitab induk dalam ilmu Hadith , adapun sumber data sekunder buku-buku, syarḥ hadīth dan data-data lain yang berkaitan dengan penelitian. Hasil peneltian ini menunjukan bentuk metode pembelajaran nabawi menggunakan isyarat jari dilihat dari jari jemari yang digunakan, adalah : menggunakan sepuluh jari, lima jari, dua jari, dan salah satu jari. Adapun menurut  posisi dan bentuk penggunaan isyarat jari maka dapat kita klasifikasi sebagai berikut : Menggabungkan seluruh jari jemari, membuat gerakan dengan jari, menghitung jari, menunjuk dengan satu jari, berisyarat dengan dua jari, dan membuat lingkaran. Adapun tujuan dan makna dari metode pembelajaran nabawi menggunakan isyarat jari, adalah : Visualisasi dan penekanan makna seperti kedekatan, persatuan dan kesamaan, menunjukkan jumlah, dan menunjukkan tempat.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Isyarat Jari Hadith
Abdul Muhsin Hamadah, Uṣūl Tarbiyah, (Kuwait: Univ.Kuwait,1995).

Abdulgany Muhammad Ismail al-‘Umrany, Uṣūl al-Tarbiyah, (Shan’a : Dar al-Kitab al-Jami’iy, 2014 M).

Abdulkarim Bakkar, Haula al-Tarbiyah wa al-Ta’līm, (Damaskus : Dar al-Qalam, 2011 M).

Abuddin Nata, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta : Prenada Media, 2010 M).

Ali Ahmad Madkur, Manāhij al-Tarbawiyyah Asāsuha wa Tatbiqātuha, (Kairo : Dar al-Fikr al-‘Araby, 2001 M).

Alibali MW, Goldin-Meadow S. Gesture-speech mismatch and mechanisms of learning: What the hands reveal about a child's state of mind. Cognitive Psychology. 1993;25:468–523. doi: 10.1006/cogp.1993.1012. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/8243044/.

Cook SW, Duffy RG, Fenn KM. Consolidation and transfer of learning after observing hand gesture. Child Dev. 2013 Nov-Dec;84(6):1863-71. doi: 10.1111/cdev.12097. Epub 2013 Mar 28. PMID: 23551027. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23551027/.

Dep.Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta : Balai Pustaka, 2002).

Khalid Hamid al-Hazimy, Uṣūl al-Tarbiyah al-Islāmiyyah, (Madinah : Dar ‘Alam al-Kutub, 2000 M).

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2007 M).

Maryono, Tesis : Pendidikan Islam Menurut Shaikh al-Albany (Tujuan dan Metode Shaikh al-Albany), (IAIN Sunan Ampel 2012).

Mohammad Nazir, Metodologi Penelitian, (Jakarta : Ghalia Indonesia, 1988 M).

Muhammad Abdussalam al-‘Ajmy, al-Tarbiyah al-Islāmiyyah Usūl wa al-Taṭbīqāt, (Riyadh : Dar al-Nashir al-Duwaly, 2006 M).

Muhammad Munir Mursy, al-Tarbiyah al-Islāmiyyah Usūluha wa Tatawwuruha fī al-Bilād al-Islāmiyyah, (- : Dar al-Ma’arif, 1987 M).

Novack MA, Goldin Meadow S., Learning From Gesture : How Our Hands Change Our Minds. Educ Psychol Rev. 2015 Sep; 27(3): 405–412. doi: 10.1007/s10648-015-9325-3. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4562024/#R9
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta : Kalam Mulia, 2012 M).

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung : Alfabeta, 2009).

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta : Rineka Cipta, 2006 M).

Yuliansyah, Penggunaan Metode Abjad Jari dan Bahasa Tubuh Serta Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran PAI bagi Anak Berkebutuhan Khusus, (Jurnal Al-Bahtsu, IAIN Bengkulu : Vol.3 No.1, Juni 2018).