Isi Artikel Utama

Abdul Basid

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ungkapan-ungkapan pertanyaan beserta jawabannya tentang kehidupan sehari-hari yang diambil dari kitab al-Taʿbīr al-ʾAwwal yaitu salah satu kitab pembelajaran bahasa arab untuk orang non arab. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan analisa teks. Setelah mengumpulkan data-data, peneliti melakukan analisis untuk mengetahui ungkapan-ungkapan pertanyaan beserta jawabannya tentang kehidupan sehari-hari yang diambil dari kitab al-Taʿbīr al-ʾAwwal. Peneliti menulis data-data tersebut, lalu memilih dan mengelompokkannya sesuai dengan temanya masing-masing. Adapun hasil penelitian ini: bahwa momen-momen keseharian yang ada dalam kitab al-Taʿbīr al-ʾAwwal tentang bepergian, naik taksi, perpustakaan, naik bus, membeli sepeda, hobi, pelabuhan, kantor pos, kantor telegram, rumah sakit, hotel, jam, pergi ke masjid, wudlu, tayamum, shalat, menghabiskan hari libur, menghabiskan waktu dan tata cara umrah. Adapun kata Tanya yang dipakai dalam ungkapan-ungkapan keseharian adalah matā, kayfa, hal, min ʾayna, hamzah al-ʾistifhām, ʾilā ʾayna, mā, kam, ʾayna, ʾayyu, limādhā, mādhā, fī ʾayyi, bimādhā, min ʾayyi.

Kata Kunci: ʾasālīb ʾistifhām taʿbīr
al-Ghulayiyniy, Muṣṭafā. Jāmiʿ al-Durūs al-ʿArabiyyah, Beirut: al-Maktabah al-ʿAṣriyyah, 1993 M.

al-Shinṭy, Muḥammad Ṣāliḥ. al-Mahārāt al-Lughawiyyah Madkhal ʾilā Khaṣāʾiṣ al-Lughah al-ʿArabiyyah wa Funūnihā, Hail: Dār al-ʾAndalus, 1992 M.

al-Ṣumayliy, Yūsuf. al-Lughah al-ʿArabiyyah wa Ṭuruq Tadrīsihā Naẓariyyatan wa Taṭbīqan, Beirut: al-Maktabah al-ʿAṣriyyah, 1998 M.

Faḍl, Ṣalāḥ. ʿIlm al-ʾUslūb Mabādiʾuhu wa ʾIjrāʾātuhu, Kairo: Dār al-Shurūq, 1998 M.

ʿIlyān, ʾAḥmad Fuʾād Maḥmūd. al-Mahārāt al-Lughawiyyah Māhiyatuhā wa Ṭarāʾiq Tadrīsihā, Riyadh: Dār al-Muslim, 1992.

Majmūʿah min al-Muʾallifīn. Kitāb al-Taʿbūr al-ʾAwwal min Kutub Silsilah Taʿlīm al-Lughah al-ʿArabiyyah li Ghayr al-Nāṭiqīn bihā, al-Mamlakah al-ʿArabiyyah al-Suʿūdiyyah: Jāmiʿah al-ʾImām Muḥammad bin Suʿūd al-ʾIslāmiyyah, 2004 M.

Mardalis, Metode peneliatian suatu pendekatan proposal, ED. 1, Cet. 6, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Muhammad Nazir, Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia, 1998.

Muhammad. Metode Penelitian Bahasa, Jokjakarta: Ar-Ruz Media, 2011.