Karakteristik Pendidik Perspektif Imam Ibnu Jamaʿah
(Studi Kitab Tadzkirah Al-Sāmiʿ wa al-Mutakallim fī al-ʾAdab Al-ʿAlim wa Mutaʿalim karya Imam Badruddin Ibnu Jamaʿah)
Authors
Pendidik merupakan pilar utama dalam menjalankan proses pendidikan, merupakan aktor utama dalam mengantarkan capaian tujuan pendidikan. Dalam tulisan ini memaparkan tentang “Karakteristik Pendidik dalam Perspektif Imam Ibnu Jamaʿah”, melalui bukunya yang fenomenal Tadzkirah Al-Sāmiʿ wa al-Mutakallim fī al-ʾAdab Al-ʿAlim wa Mutaʿalim.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif noninteraktif karena sumber datanya adalah berupa dokumen-dokumen, bukan data langsung dari orang dalam lingkungan alamiahnya. Adapun analisis data yang digunakan adalah Content analysis, yaitu penelitian yang bersifat pembahasan mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis.
Imam Ibnu Jamaʿah dalam Tadzkirah Al-Sāmiʿ wa al-Mutakallim fī al-ʾAdab Al-ʿAlim wa Mutaʿalim meneybutkan beberapa hal yang harus dimiliki oleh seorang pendidik sehingga menjadikan sebuah karakter bagi mereka, di antaranya: Niat ikhlas yang menjadikan tolok ukur amal perbuatan dalam mendidik; Zuhud; Tawāḍu’; Menjaga syiar (identitas) Islam, hal terserbut merupakan karakter agamis yang senantiasa seorang pendidik berhias dengannya. Poin lainnya; Pendidik harus senantiasa meng-upgrade diri, meningkatkan kualitas keilmuan, mencurahkan segala kemampuan, membaca, menghafal, menulis. Dan juga tatkala mengajar senantiasa berusaha optimal dalam kegiatan belajar dan mengajar, bersemangat dalam mengajar, menggunakan metode dan penyampaian yang mudah serta lemah lembut, bertanya untuk menguji pemahaman peserta didik atas kesesuaian ilmu yang telah dijelaskan, serta mengulangi hafalan untuk menguji mereka.
Ashraf, Ali. 1993. Horizon Baru Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Firdaus
Dewantara,Ki Hadjar. Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa
Hawi, Akmal. 2005. Kompetensi Guru PAI. Palembang: IAIN Raden Fatah Press
Hifza, 2010. Pendidik dan Kepribadiannya dalam Al-Qur’an. Yogyakarta: Tesisi Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Ibnu Jamaah, Imam Badruddin. 2012. TadzkiratusSaami’ Wal Mutakallim Fil Adabil ‘Alim wa Muta’alim.. Beirut : Dar Al-Bashaer
Ibnu Jamaah, Imam Badruddin. Kasyfu al-ma’āni fi- al Mutasyābih min al-Matsāni, (Pakistan: Jamai’ah al-Dirasah al –Islamiyah, Cet- I, 1990)
Mujib, Abdul. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media
Nizar, Samsul. 2002. Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat Pers.
___________2003. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Poerwadarminta,W.J.S. 1991. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Ramayulis. 2002. Filsafat Pendidikan Islam. Padang: Quantum Pers
Ramayulis dan Syamsul Nizar. 2010. Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya. Jakarta: Kalam Mulia
Tafsir, Ahmad. 2002. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya
Wibowo, Agus dan Hamrin, M. 2012. Menjadi Guru Berkarakter (Strategi Membangun Kompetensi dan Karakter Guru). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Article Sidebar
Copyright (c) 2019 Jurnal Al-Fawa'id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.