Tahlīl Akhto’ Al-nahwiyyah fī Istikhdāmi Al-‘adad Wa Al-ma’dūd Fī Kitābati Thullābi Al-fashli Al-Awwali Bi Al-Madrasati Al-Muhammadiyyati Al-Mutawashithati Al-rābi’ati Sedayu Gresik Jawa Al-Syarqiyyah

Penulis

  • Maulana STAI Ali bin Abi Thalib

Abstrak

Di dalam pembelajaran bahasa Arab memiliki tujuan-tujuan,
yaitu memahami ilmu – ilmu yang bertuliskan bahasa Arab Begitu
juga MTS Muhammadiyah 4 Sidayu Gresik Jawa Timur ini memiliki
tujuan dalam pembelajaran bahasa Arabnya yaitu para siswa bisa
menguasai keterampilan menulis Arab dengan benar. Akan tetapi
yang terjadi menyelisihi apa yang diharapkan. Mungkin dikarenakan
metode pengajaran yang kurang tepat dengan keadaan siswa dalam
menerima dan memahami pelajaran, maka peneliti melihat dari
beberapa siswa yang ada di MTS Muhammadiyah 4 Sidayu Gresik
ini, bahwasanya mereka sering mengalami kesalahan Nahwu di dalam
penulisan bahasa Arab. Khususnya menulis angka dan objek yang
dihitung yang sesuai dengan kaidah Nahwu yang benar.
Rumusan masalah dari penelitian ini ialah: Apa saja bentukbentuk kesalahan para siswa, dan apa sebabnya? Apa solusi untuk
memperbaiki kesalahan tersebut.? Untuk menjawab rumusan –
rumusan masalah ini peneliti menggunakan metode deskriptif dan
kualitatif untuk penelitian lapangan. Sedangkan cara untuk
mengumpulkan data adalah observasi dan wawancara.
Setelah melakukan penelitian di MTS Muhammadiyah 4 Sidayu
Gresik Jawa Timur. Peneliti menemukan bentuk-bentuk kesalahan
mereka yaitu kesalahan-kesalahan dalam mengubah angka menjadi
mudzakkar(laki-laki) dan muannats(perempuan) serta kesalahan
mengubah keadaan objek yang dihitung. Sedangkan penyebab
kesalahannya yaitu pengaruh dari bahasa ibu, kurangnya praktek
untuk menulis bahasa Arab, kurang perhatian, dan tidak adanya kitab
khusus untuk pelajaran menulis. Dan solusi dari kesalahan tadi, yaitu
hendaknya terus mempraktikkan menulis bahasa Arabnya khususnya
dalam penulisan angka dan objek yang dihitung, mengulang-ngulang pelajarannya, dan menggunakan metode yang beraneka ragam serta
sesuai, agar menambah semangat para siswa. 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-04-01