Jurnal Al-Fawa’id: Jurnal Agama dan Bahasa (P-ISSN: 2088-9593 dan E-ISSN: 2774-3748) megundang para penulis dan peneliti untuk mengirimkan artikel ilmiah yang akan diterbitkan melalui jurnal ini. Adapun fokus dan cakupan dari jurnal ini adalah sebagai berikut: Aqidah Agama Islam, Fiqih Agama Islam, Sejarah Agama Islam, Pendidikan Islam, Dakwah Islam, Pengajaran Bahasa Asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris), Sastra Bahasa Asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris), Sejarah Pendidikan Bahasa Asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris), Strategi Pengajaran Bahasa Asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris), Media Pengajaran Bahasa Asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris). Ada beberapa panduan yang perlu diperhatikan oleh setiap penulis yang akan mengirimkan artikel jurnalnya ke Jurnal Al-Fawa’id : Jurnal Agama dan Bahasa, sebagai berikut:

A. Panduan Umum Untuk Penulis

Semua naskah artikel diserahkan ke redaksi Jurnal Al-Fawa’id : Jurnal Agama dan Bahasa harus bersifat ilmiah, orsinil dan belum pernah diterbitkan di laman penerbitan artikel ilmiah manapun atau tidak sedang dalam proses editorial di jurnal lain yang ada kemungkinan akan diterbitkan. Kemudian artikel jurnal dikirim melalui Online Submission di alamat portal jurnal online milik Jurnal Al-Fawa’id : Jurnal Agama dan Bahasa https://jurnal.stai-ali.ac.id/index.php/Alfawaid/about/submissions , dimana penulis mendaftar terlebih dahulu sebagai Penulis dan/atau ditawarkan sebagai Reviewer secara online di https://jurnal.stai-ali.ac.id/index.php/Alfawaid/user/register. Jika penulis memiliki masalah dalam pengiriman online, silakan hubungi Kantor Redaksi di email berikut: jurnal@stai-ali.ac.id

B. Panduan Penulisan Jurnal Al-Fawa’id : Jurnal Agama dan Bahasa

Secara umum naskah yang akan dikirimkan kepada redaksi Jurnal Al-Fawa’id : Jurnal Agama dan Bahasa harus disiapkan sesuai dengan template artikel Jurnal Al-Fawa’id : Jurnal Agama dan Bahasa yang terdapat pada website, akan tetapi untuk penjelasan lebih detailnya adalah sebagai berikut:

  1. Tulisan dapat berbentuk konsepsi atau hasil penelitian dalam lingkup fokus dan cakupan Jurnal Al-Fawa’id : Jurnal Agama dan Bahasa, baik penelitian lapangan maupun penelitian kepustakaan.
  2. Sistemmatika penulisan artikel Jurnal Al-Fawa’id : Jurnal Agama dan Bahasa adalah sebagai berikut:
  • Judul Artikel: Padat, Jelas dan Ilmiah. Jika Menggunakan Sub Judul, Maka menyebutkan jenis penelitian, untuk penelitian lapangan tambahkan lokus penelitian)
  • Nama Penulis : nama, asal institusi dan email penulis.
  • Abstrak : Ditulis dalam Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris atau Bahasa Arab, 200 - 250 kata dalam 1 paragraf dan ditulis tanpa menjorok
  • Keywords : 3 - 6 kata.
  • PENDAHULUAN
    Bagian pendahuluan berisi latar belakang alasan mengapa masalah tersebut penting untuk diteliti yang didukung dengan landasan teoritis dan data empiris., konteks penelitian, dan hasil kajian pustaka.
  • METODE PENELITIAN
    Berisi metode penelitian yang digunakan dalam melakukan penelitian. Metode penelitian berisi deskripsi tentang; pendekatan penelitian, jenis penelitian yang digunakan, ditulis secara singkat padat.
  • HASIL DAN PEMBAHASAN
    Penyajian hasil dan pembahasan dalam bentuk narasi dan sistematis yang isinya mengarah langsung pada analisis dan temuan penelitian berdasarkan perspektif teori yang digunakan oleh penulis.
  • SIMPULAN
    Bagian simpulan/penutup berisi temuan penelitian yang berupa jawaban dari masalah penelitian yang telah dirumuskan.
  • DAFTAR PUSTAKA
    Memuat referensi yang digunakan dalam penulisan artikel jurnal
  1. Naskah diketik dengan MicrosoftWord dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Model huruf untuk artikel bahasa indonesia dan bahasa inggris adalah “Times New Arabic”, baik untuk tubuh maupun tulisan maupun catatan kaki. Ukuran font 12 (dua belas) untuk tubuh tulisan dan font 10 (sepuluh) untuk catatan
  • Adapun ketentuan penulisan nama penulis, email dan afiliasi adalah sebagai berikut:

                         Nama Penulis Pertama1), Penulis Kedua2), dan seterusnya3)4)

                              (Times New Arabic, Font 11, Bold, spasi 1, Nomor Urut Penulis)

                                                                                              1,2,3)Afiliasi

                                                  E-mail: Penulis satu, Penulis dua, dst…

                                        (Times New Arabic 10, spasi 1, nomor urut email)

  • Model huruf untuk artikel bahasa arab adalah “Traditional Arabic”, baik untuk tubuh maupun tulisan maupun catatan kaki. Ukuran font 16 (dua belas) untuk tubuh tulisan dan font 14 (sepuluh) untuk catatan kaki
  • Panjang artikel antara 10-25
  • Ukuran kertas A4 dengan margin masing-masing 2 cm dan spasi 1,5.
  1. Kutipan ditulis dalam bentuk catatan kaki (Full footnote) dengan kriteria sebagai berikut:
  • Kutipan wajib menggunakan aplikasi manajemen referensi seperti mendeley, zotero, dan lain-lain dengan style TURABIAN
  • Dari Kitab atau Buku

Contoh :

ʾIsmāʿīl bin ʿUmar bin Kathīr, Tafsīr Al-Qur’ān al-’Aim al-Musamma Tafsīr Ibn Kathīr, Jilid 3 (Riyadh: Maktabah al-Rusyd, 2015), 3.

Moh Ali Aziz, Ilmu Dakwah (Jakarta: Kencana, 2004), 17.

  • Dari Jurnal

Contoh :

Slamet Muliono Redjosari, “Salafi, Lembaga Pendidikan, Dan Perlawanan Dakwah,” Jurnal Al-Fawa’id : Jurnal Agama dan Bahasa 11, no. 1 (September 7, 2021): 17.

  • Artikel dalam surat kabar :

Contoh :

Muhammad Sawit, “Hubungan antara Agama dan Budaya”, Lampung Post, 24 Juni 1981, 1.

  • Artikel dari Internet :

Contoh :

Novriantoni, “Mempertimbangkan Ulang Orientalisme”, http://www.islammedia.org; diakses tanggal 8 Maret 2004.

  • Artikel dari Skripsi, Tesis, dan Disertasi :

 Contoh :

Muhklis, Corak Pemikiran Hamka tentang Pluralitas Agama (Rekontruksi dari Tafsir Al-Azhar), Tesis (Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga, 2001), 34.

  • Kitab suci :

Contoh :

  1. Al-Māidah (5): 5.
  2. Transliterasi Arab-Indonesia menggunakan font Times New Arabic dengan ketentuan pedoman translitellasi sebagai berikut, adapun ntuk informasi detail tentang Romanisasi Arab, silakan merujuk ke sistem transliterasi Pedoman Library of Congress (LC).

 

C. Pedoman Pengajuan Online/Submission

Penulis harus terlebih dahulu mendaftar sebagai Penulis dan/atau ditawarkan sebagai Reviewer melalui alamat berikut: https://jurnal.stai-ali.ac.id/index.php/Alfawaid/user/register Penulis harus mengisi formulir sedetail mungkin di mana formulir bertanda bintang harus dimasukkan. Setelah semua kotak teks formulir diisi, Penulis mengklik tombol “Daftar” untuk melanjutkan pendaftaran. Oleh karena itu, Penulis dibawa ke antarmuka pengiriman penulis online di mana Penulis harus mengklik "Pengiriman Baru/New Submission". Di bagian Mulai Pengajuan Baru, klik "'Klik Di Sini/Click Here': untuk melanjutkan ke langkah pertama dari proses pengiriman lima langkah". Berikut ini adalah lima langkah dalam proses pengajuan online:

Langkah 1 - Memulai Submission: Pilih bagian jurnal yang sesuai, e. Artikel Penelitian Asli, Artikel Review, atau Komunikasi Singkat. Dengan demikian, penulis harus memberi tanda centang pada daftar periksa pengiriman.

Langkah 2 – Mengunggah Submission: Untuk mengunggah manuskrip ke jurnal ini, klik Browse pada item Unggah file kiriman dan pilih file dokumen manuskrip yang akan dikirimkan, lalu klik tombol Unggah.

Langkah 3 – Memasukkan Metadata Submission: Pada langkah ini, metadata penulis detail harus dimasukkan termasuk ditandai autho yang sesuai. Setelah itu, judul manuskrip dan abstrak harus diunggah dengan menyalin teks dan menempel di kotak teks termasuk kata kunci.

Langkah 4 –Konfirmasi Penyerahan: Penulis harus memeriksa akhir dokumen naskah yang diunggah di st ini Untuk mengirimkan naskah ke jurnal Jurnal Al-Fawa’id : Jurnal Agama dan Bahasa, klik tombol Selesai Penyerahan setelah dokumen benar. Penulis yang sesuai atau kontak utama akan menerima pemberitahuan melalui email dan akan dapat melihat kemajuan pengiriman melalui proses editorial dengan masuk ke situs alamat web jurnal.

Setelah penyerahan ini, Penulis yang mengirimkan naskah akan mendapatkan email konfirmasi tentang penyerahan tersebut. Oleh karena itu, Penulis dapat melacak status pengiriman mereka kapan saja dengan masuk ke antarmuka pengiriman online. Pelacakan pengiriman termasuk status tinjauan naskah dan proses editorial.