Isi Artikel Utama

Maryono Maryono

Abstrak


 


Pendidik merupakan pilar utama dalam menjalankan proses pendidikan, merupakan aktor utama dalam mengantarkan capaian tujuan pendidikan. Dalam tulisan ini memaparkan tentang “Karakteristik Pendidik dalam Perspektif Imam Ibnu Jamaah”, melalui bukunya yang fenomenal Tadhkiratu al-Sa>mi’ Wa al-Mutakallim Fi< Adabi al‘A<lim wa al-Muta’a>lim.


Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif noninteraktif karena sumber datanya adalah berupa dokumen-dokumen, bukan data langsung dari orang dalam lingkungan alamiahnya. Adapun analisis data yang digunakan adalah Content analysis, yaitu penelitian yang bersifat pembahasan mendalam terhadap isi suatu informasi  tertulis.


Imam Ibnu Jamaah dalam Tadhkiratu al-Sa>mi’ Wa al-Mutakallim Fi< Adabi al‘A<lim wa al-Muta’a>lim meneybutkan beberapa hal yang harus dimiliki oleh seorang pendidik sehingga menjadikan sebuah karakter bagi mereka, di antaranya: Niat ikhlas yang menjadikan tolok ukur amal perbuatan dalam mendidik; Zuhud; Tawa>d{u’; Menjaga syiar (identitas) Islam, hal terserbut merupakan karakter agamis yang senantiasa seorang pendidik berhias dengannya. Poin lainnya; Pendidik harus senantiasa meng-upgrade diri, meningkatkan kualitas keilmuan, mencurahkan segala kemampuan, membaca, menghafal, menulis. Dan juga tatkala mengajar senantiasa berusaha optimal dalam kegiatan belajar dan mengajar, bersemangat dalam mengajar, menggunakan metode dan penyampaian yang mudah serta lemah lembut, bertanya untuk menguji pemahaman peserta didik atas kesesuaian ilmu yang telah dijelaskan, serta mengulangi hafalan untuk menguji mereka.


Kata Kunci: Ibnu Jamaah, Pendidik