Isi Artikel Utama

Muhammad Rosyid Ridho

Bahasa Arab merupakan mata pelajaran penting dalam proses pendidikan di sekolah-sekolah agama dan lembaga-lembaga Islam, tetapi terdapat beberapa perbedaan antara pengajaran bahasa Arab di lembaga-lembaga dan sekolah-sekolah. Penelitian ini akan membahas tentang pengajaran bahasa Arab di lembaga-lembaga Islam dan sekolah-sekolah umum, dan peneliti mengambil data dari sumber-sumber ilmiah yang berkaitan dengan pengajaran bahasa Arab pada umumnya dan pengajaran bahasa Arab di lembaga-lembaga Islam pada khususnya. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa perbedaan pengajaran bahasa Arab di lembaga dan sekolah terletak pada berbagai aspek, seperti kurikulum, buku-buku yang ditentukan dan kompetensi guru.

Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Arab Pondok Pesantren
Al- Khauli, Muhammad Ali. 1993. Mudkhol Ila Ilmi Al- Lughoh. Urdun: Dar Al- Falah.

Effendy, Ahmad Fuad. 2012. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Mishikat.

Nazaruddin, 2007. Manajemen Pembelajaran, Yogyakarta: Teras.

Nuha, Ulin. 2016. Ragam Metodologi dan Media Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta: Diva Press.

Nur, Jabal. 2013. ” Prinsip Dasar Metode Pembelajaran Bahasa Arab”, Vol.6, No. 1.

Setyabudi. Wahyu. 2018. Manajemen Program Pembelajaran Bahasa Arab di Pindok Pesantren, Tesis, Malang: Universitas Islam Negeri Malang.

Siddiq, Mohammad. 2017. “Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Daarunnajah ,” Al-Maʿrifah, Vol. XIV. No. 2.

Sunhaji. 2014. ” Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran”. Vol.02, No.02.

Tajuddin, Shafruddin. 2009. “Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab Tingkat Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab Sisiwa”, Vol. 29, No. 02.

Thoha, Mohammad. 2012. “Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pendekatan Mamanajemen Berbasis Sekolah”, Vol. 01.

Wartono. 2013.” Membentuk Lingkungan Pendidikan yang Islami”, Vol. II.

Zulhannan. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif, Jakarta: Rajawali Press.