Isi Artikel Utama

Mubarak Bamualim

Penelitian ini akan berbicara mengenai kedudukan dan tujuan evaluasi dalam pembelajaran bahasa Arab, sebagaimana diketahui dari orang yang mendalami bidang pendidikan, bahwa evaluasi adalah salah satu unsur penting dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab. Dengannya dapat diketahui apakah tujuan yang telah ditetapkan akan tercapai atau tidak, dan memungkinkan bagi mereka yang berkecimpung di bidang pendidikan untuk memperbaiki proses pembelajaran dalam arti meningkatkan tujuan dan memperbaiki proses pembelajaran dengan mengubah metode pengajaran menjadi apa yang lebih tepat dan sesuai bagi siswa, dan di dalam pembelajaran bahasa Arab memiliki beberapa tujuan diantaranya adalah untuk memahami Al-Qur'an dan Sunnah Nabi, dan untuk memahami rujukan untuk ilmu-ilmu Islam yang ditulis dalam bahasa Arab, dan salah satu tujuan terpenting adalah mengajarkan bahasa Arab agar mampu berkomunikasi dengannya baik secara lisan maupun tulisan.

Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran Tujuan Kedudukan
Arikunto,Suharsimi. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta : Bumi Aksara)

Departemen Agama. 1999. Kurikulum IAIN/STAIN tahun 1999 yang disempurnakan. (Jakarta: Ditbinperta)

Firmansyah, M. Bayu. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Berbasis Lingkungan: Perspektif Pendekatan Pragmatik Pendekatan Pragmatik, STKIP PGRI Pasuruan.

H.D., Hidayat, 1986. “Pengajaran Bahasa Arab di Indonesia, Masalah dan Cara Mengatasinya”, Makalah, (Jakarta: Seminar Pengembangan Pengajaran Bahasa Arab di Indonesia,)

Purwanto, MP, M. 2004. Ngalim. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. (Bandung: PT. Rosdakarya)

Tu’aimah, Rushdy Ahmad. 1989. Ta’lim al ‘Arabiyyah lighairi al Natiqiina bi al ‘Arabiyyah Manaahijuhu wa Asaalibuhu, (Mesir : Jami’ah Manshuurah)

Wina, 2008.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta:Kencana)

http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/195706131985031MAMAN_ABDURAHMAN_SAEPUL_R/ASESMEN_ABK_2.pdf