DOI: https://doi.org/10.54214/alfawaid.Vol12.Iss1.208

Authors

Andy Fahmi Halim
Keywords: Koperasi, Kredit, Riba

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran Koperasi Amanah Sahabat Hijrah Jawa Timur  dalam Memberikan Layanan Penjualan Kredit Syar’i Bebas Dari Ribawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Pengumpulan data dengan wawancara kepada pengurus dan anggota Koperasi Amanah Sahabat Hijrah. Di samping itu juga dengan melihat dan meninjau setiap akad yang digunakan dalam setiap transaksi, kemundian menimbangnya dengan dalil-dalil baik itu dari Al-Qur’an ataupun Hadits Nabi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa anggota koperasi sangat mendukung keberadaan koperasi ini, karena dapat memberikan layanan penjualan kredit yang benar-benar menerapkan prinsip syariat. Koperasi juga menerapkan system yang sesuai syariat dalam setiap akadnya, sehingga diharapkan benar-benar bebas dari unsur riba dan kedzaliman di dalamya.

Nawawi, Hadari dan Mini Martini. Penelitian Terapan, (Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1996)

Kastasapoetra, G., dkk., Praktek Pengelolaan Koperasi, (Jakarta: Rineka Cipta, 2005).

Moleong, Lexy J., Metodologi penelitian kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005)

Hasan, M. Ali, Berbagai Macam Transaksi dalam Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003.

Miles, Mattthew B. and A. Michael Huberman, Qualitatif Data Analysis, (New York Sage Publication, 1984), Terj. Analisis

Data Kualitatif : Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru (Jakarta: UI Press, 1992), 16.

Bogdan, Robert C. dan Knopp Sari Biklen, Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods (London: Allyn and Bacon, 1982).