PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERDASARKAN KMA (KEPUTUSAN MENTERI AGAMA) NOMOR 183 TAHUN 2019 PADA MADRASAH TSANAWIYAH ARRAHMATUL ABADIYYAH BANJARMASIN
Authors
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana problematika pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan kurikulum yang termuat dalam KMA (Keputusan Menteri Agama) nomor 183 tahun 2019 pada Madrasah Tsanawiyah Arrahmatul Abadiyyah Banjarmasin. Metode penelitian kualitatif deskriptif. Instrument penelitian yang digunakan yaitu dengan teknik wawancara, observasi, dan kajian dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan kurikulum berdasarkan KMA nomor 183 tahun 2019 pada Madrasah Tsanawiyah Arrahmatul Abadiyyah Banjarmasin, sudah diterapkan dengan baik namun pada pelaksanaannya masih belum maksimal, karena kurangnya pelatihan berkaitan dengan penerapan kurikulum terbaru baik dari segala aspek pengajaran dan evaluasi pembelajaran. (2) Pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Arrahmatul Abadiyyah Banjarmasin, baik dari aspek linguistik maupun non-linguistik masih mengalami berbagai problematika baik dari sisi guru maupun peserta didik. Hal ini disebabkan karena tenaga pengajar bahasa Arab masih kurang profesional, peserta didik sebagian besar tidak memiliki dasar pengetahuan membaca dan menulis bahasa Arab. (3) Upaya mengatasi problematika pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Arrahmatul Abadiyyah Banjarmasin adalah dengan proses pembelajaran mengelompokkan peserta didik yang mengerti dengan mereka yang tidak mengerti. Kemudian adanya lembaga pesantren yang disediakan bagi peserta didik MI, MTs dan MA Arrahmatul Abadiyyah Banjarmasin agar dapat menunjang pembelajaran diniyyah, khususnya pelajaran Bahasa Arab.
KEPUTUSAN MENTERI AGAMA NOMOR 183 TAHUN 2019 TENTANG PAI DAN BAHASA ARAB PADA MADRASAH
Wekke, Ismail Suardi. 2014. Model Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Deepublish.
______________________. 2018. Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah. Yogyakarta: Deepublish.
Siyoto, Sandu dan Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing
Suwendra, I Wayan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan, dan Keagamaan. Bali: Nilacakra.
Bustoni, Arifin Ali. 2010. Pengembangan Kurikulum Berdasarkan Isu dan Problematika. Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan.
Kaelan. 2005. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Filsafat. Yogyakarta: Paradigma.
Munir. 2017. Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab. Jakarta: Kencana.
Ahmad, Syarwani dan Zahruddin Hodsay. 2020. Profesi Kependidikan dan Keguruan. Yogyakarta: Deepublish.
Jundi, Muhammad dan Muhammad Dalle. 2020. Aspek Afektif Dalam Pembelajaran Daring Bahasa Arab Berdasarkan
KMA 183 TAHUN 2019, Muhadasah, Vol. II, No. 2 Tahun 2020.
Mahmuda, Siti. 2018. Media Pembelajaran, An-Nabighoh, Vol. XX, No. 1 Tahun 2018.
Murni Jamil. Wawancara. Banjarmasin 18 September 2021.
Muhammad Taslimurrahman. Wawancara. Banjarmasin 19 September 2021.
Article Sidebar
Copyright (c) 2022 Farid Farid, Muhammad Haiqal Hatami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.