DOI: https://doi.org/10.54214/alfawaid.Vol12.Iss2.233

Authors

Muhammad Nafhan Maulana
Fadlan Fahamsyah
Keywords: Metode, Qirāʾah Jahriyyah , Mahārah Qirāʾah

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan menggunakan metode qirāʾah jahriyyah  dalam meningkatan mahārah qirāʾah bahasa Arab pada siswa kelas III MI YKUI MASKUMAMBANG Gresik. Metode penelitian kuantitatif digunakan dengan design pre-experimental one-group pre-test dan post-test yang mana peneliti menguji coba efektivitas metode qirāʾah jahriyyah dengan membandingkan mahārah qirāʾah sebelum dan sesudah diberi tindakan atau pengajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas III MI YKUI MASKUMAMBANG Gresik, sampel penelitian berjumlah 27 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes membaca dengan jumlah 12 kalimat pendek. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji berpasangan (paired sample t test) dengan hipotesis H0 = Tidak terjadi peningkatan dari hasil pretest ke posttest setelah diberi tindakan atau pengajaran, dan H1 = terjadi peningkatan dari hasil pre-test ke post-test setelah diberi tindakan atau pengajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberi pengajaran dengan menggunakan metode qirāʾah jahriyyah, nilai pos-test siswa lebih besar dibandingkan pre-test dengan rata-rata post-test (90.00) > pre-test (79,81), melalui perhitungan statistik diketahui bahwa T.Hitung 10.394 > T.Tabel 1.706  yang berarti H1 diterima sehingga dapat dikatakan bahwa metode qirāʾah jahriyyah efektif untuk meningkatkan mahārah qirāʾah bahasa Arab berdasarkan hasil yang disimpulkan bahwa metode qirāʾah jahriyyah efektif digunakan  dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab kelas III MI YKUI MASKUMAMBANG Gresik.

Bamualim, Mubarak, Nurcholis Agus Santoso, and Nufail Ibnu Muchtar. “EFEKTIVITAS MEDIA KOTAK POS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB PADA SISWI KELAS 3 SDIT DARUS SUNNAH SUMBAWA.” Jurnal Al-Fawa’id : Jurnal Agama dan Bahasa 12, no. 1 (March 30, 2022): 154–167.

Dahli, Sri. “URGENSI METODE QIROAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PTAI” 5, no. 1 (2013): 19.

Fuadah, Salimatul. “Efektivitas Pembelajaran Al Tarjamah Al Fauriyah dalam Meningkatkan Maharah Al Qira’ah Mahasiswa Semester 6 Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Tahun Ajaran 2018/2019.” Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 1 (September 7, 2021). Accessed August 10, 2022. https://journal.umy.ac.id/index.php/maharat/article/view/10125.

Hidayah, Nurul Latifatul. “METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHARAH AL-QIRO`AH (KETRAMPILAN MEMBACA)

BAHASA ARAB DENGAN CARA MEMBACA DI DEPAN KELAS DAN DITIRUKAN” (2020): 8.

Izzan, Ahmad. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora, 2009.

Moleong, L. J. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT RemajaRosdakarya, 2017.

Nazhyfa, Asti, Wiza Novia Rahmi, and Mahyudin Ritonga. “Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Thariqah al-Qiro’ah: A Systemic Review.” Edukasi Lingua Sastra 20, no. 1 (April 29, 2022). Accessed August 10, 2022. https://jurnal.umko.ac.id/index.php/elsa/article/view/503.

Rohani, Suci, Sugeng Sutiarso, and Pentatito Gunowibowo. “EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA” (n.d.): 8.

Rosyidi, Abd Wahab, and Mamlu’atul Ni’mah. Memahami Konsep Dasar PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Malang: UIN-MALIKI PRESS, 2011.

Sudijono, A. Pengantar Statistik Pendidikan. PT RajaGrafindo Persada, 2014.