Isi Artikel Utama

Sayyidi Achyar

Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui peran Teknologi Informasi dan Komunikas(TIK) dalam pembelajaran bahasa arab dan Implementasi Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis TIK. Fasilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah media untuk membantu dan mempermudah para peserta didik dalam proses pembelajaran. “Penggunaan fasilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran mampu membantu meningkatkan motivasi dan kualitas hasil belajar peserta  didik. Implementasi Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis TIK meliputi beberapa tahapan: Perencanaan Pembelajaran, Proses Pembelajaran, Proses Evaluasi/Penilaian menggunakan tes formatif dan tes sumatif untuk mengukur hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci: Bahasa Arab Teknologi Informasi Komunikasi
Amalia Firdausia, imam asrori, M.ahsanuddin, Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas X Sman Malang , Malang.

Badrudin, Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis TIK di Madrasah Aliyah Daarul Uluum Majalengka, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 2, Nomor 1, Mei 2017/1438.

Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis TIK di Madrasah Aliyah Daarul Uluum Majalengka, Badrudin, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume 2, Nomor 1, Mei 2017/1438

Nurfitria Ningsih , Aprizal Lukman , Saharudin, Pengembangan Multimedia Interaktif Bahasa Arab Tingkat Madrasah Tsanawiyah , 2004 .

Pawit M. Yusup. Teori dan Praktik Penelusuran Informasi. (Jakarta : Kencana Perdana Media Group)hal.1

Rusman dkk, Pembelajaran Berbasis Tekhnologi Informasi dan Komunikasi. (Jakarta : Grfindo persada, 2012),hal.78

Setyoningsih. “E-Learning: Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi”. Jurnal Elementary, 3 (1), hlm. 39-58.( 2015):42.

Udin Saefudin Sa’ud, Inovasi Pendidikan (Bandung: AlfaBeta,2008), hal.183

Zulkhairi, dkk.”Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi (T.I.) Pada Jurusan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Iain Ar-Raniry Banda Aceh”. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. 3 (1), hlm. 195- 203. (2015):196.