Isi Artikel Utama

Imam Rohhani
Farid Farid

Penelitian yang dilakukan di Madrasah Aliyah (MA) Muhammadiyah 01 Paciran Lamongan ini berbicara tentang pengembangan buku pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Buku yang dikembangkan tersebut merupakan solusi dari problematika pembelajaran yang dihadapi guru dan para siswa di sekolah tersebut yaitu tidak adanya buku pembelajaran yang cocok dan sesuai dalam pengajaran materi Hiwar (Conversation). Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui keistimewaan dari buku pembelajaran ini dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa. (2) Untuk mengetahui sejauh mana efektivitas penggunaan buku pembelajaran ini dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa Kelas III (Agama Putra) di MA Muhammadiyah 01 Paciran Lamongan Jawa Timur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Adapun pendekatan yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Buku pembelajaran telah selesai dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa Kelas III (Agama Putra) di MA Muhammadiyah 01 Paciran Lamongan. Keistimewaan dari buku ini adalah kandungan isinya yang mencakup percakapan, ungkapan, susunan kata, dan latihan-latihan yang berkaitan dengan keterampilan berbicara. Selain itu, yang menjadi kelebihan buku ini adalah berbagai pengetahuan dan istilah-istilah modern yang sering digunakan di zaman ini. (2) Penggunaan buku pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa Kelas III (Agama Putra) di MA Muhammadiyah 01 Paciran Lamongan. Hal ini berdasarkan hasil yang didapat peneliti setelah menganalisa data dari nilai tes, yang mana nilai rata-rata siswa ketika pre-test adalah 53,6 dan ketika post-test adalah 74,75. Ini menunjukkan adanya peningkatan dalam kemampuan berbicara siswa setelah penggunaan buku pembelajaran. Hal ini dikuatkan pula oleh nilai test t yang diperoleh, yang mana nilai t hasil (t0) lebih besar dari nilai t tabel (tt) baik di taraf signifikasi 5% atau 1% dan nilai tersebut adalah 2,13 < 7,53 > 2,95. Begitu pula nilai dari angket dan interview mendukung semua yang telah disebutkan di atas.

Kata Kunci: Pengembangan Buku Pembelajaran Bahasa Arab Hiwar Keterampilan Berbicara
ʿAbd Allah, ʿAbd al-Ḥamīd dan Nāṣir ʿAbd Allah al-Ghāliy. ʾUsus ʾIʿdād al-Kutub al-Taʿlīmiyyah li Ghayr al-Nāṭiqīn bi al-ʿArabiyyah. Dār al-ʾIʿtiṣām.

Amin, Irsal. “al-ʾMushkilāt al-Lughawiyyah fī Taʿlīm al-Lughah al-ʿArabiyyah ladā al-Ṭalabah fī Indonesia.” Thariqah Ilmiah: Jurnal Ilmu-ilmu Kependidikan dan Bahasa Arab 9, no. 2 (Desember 9, 2021): 102-117.

Dwīduriy, Rajāʾ Waḥīd. Al-Baḥth al-ʿIlmiy ʾAsāsiyyātuhu al-Naẓariyyah wa Mumārasah al-ʿIlmiyyah. Beirut: Dār al-Fikr, 2008.

Huda, Saiful. ʾIʿdād Mawād Taʿlīm Mahārah al-Istimāʿ li Ṭullāb al-Barnāmij al-ʿĀlamiy (al-Baḥth wa al-Taṭwīr fī Madrasah ʾAmānah al-ʾUmmah al-Thānawiyyah bi Mojokerto). Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya, 2018.

ʿIlyān, Rabḥiy Muṣṭafā. Al-Baḥth al-ʿIlmiy ʾUsusuhu, Manāhijuhu, ʾIjrāʾātuhu. Oman: Bayt al-ʾAfkār al-Dawliyyah.

Al-Khawālidah, Muḥammad Maḥmūd. ʾUsus Bināʾ al-Manāhij al-Tarbawiyyah wa Taṣmīm al-Kitāb al-Taʿlīmiy. Oman: Dār al-Maṣīrah li -al-Nashr wa al-Tawzīʿ, 2011.

Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2008.

Ṭaʿīmah, Rushdiy ʾAḥmad. Dalīl ʿAmal fī ʾIʿdād al-Mawād al-Taʿlīmiyyah li Barāmij al-ʿArabiyyah. Mekah: Maʿhad al-Lughah al-ʿArabiyyah bi Jāmiʿah ʾUmmu al-Qurā, 1985.

ʿUbaydāt, Dhawqān, Dkk. Al-Baḥth al-ʿIlmiy Mafhūmuhu, ʾAdawātuhu, ʾAsālībuhu. Riyadh: Dār ʾUsāmah, 1997.

ʿUmar, ʾAḥmad ʾAnwar. Al-Kitāb al-Madrasiy Taʾlīfuhu wa ʾIkhrājuhu al-Ṭibāʿiyy. Riyadh: Dār al-Marīkh, 1980.

ʾUrayfij, Sāmiy Dkk. Fī Manāhij al-Baḥth al-ʿIlmiy wa ʾAsālībuhu. Oman: Dār Mujdalāwiy li al-Nashr, 1999.