DOI: https://doi.org/10.54214/alfawaid.Vol10.Iss2.147

Authors

Tatan Maulana
Keywords: Analisis Kesalahan, Nahwu, al-ʿAdad wa al-Maʿdūd

Di dalam pembelajaran bahasa Arab memiliki tujuan-tujuan, yaitu memahami ilmu – ilmu yang bertuliskan bahasa Arab. Begitu juga MTS Muhammadiyah 4 Sidayu Gresik Jawa Timur ini memiliki tujuan dalam pembelajaran bahasa Arabnya yaitu para siswa bisa menguasai keterampilan menulis Arab dengan benar. Akan tetapi yang terjadi menyelisihi apa yang diharapkan. Mungkin dikarenakan metode pengajaran yang kurang tepat dengan keadaan siswa dalam menerima dan memahami pelajaran, maka peneliti melihat dari beberapa siswa yang ada di MTS Muhammadiyah 4 Sidayu Gresik ini, bahwasanya mereka sering mengalami kesalahan Nahwu di dalam penulisan bahasa Arab. Khususnya menulis angka dan objek yang dihitung yang sesuai dengan kaidah Nahwu yang benar. Rumusan masalah dari penelitian ini ialah: 1) Apa saja bentuk-bentuk kesalahan para siswa, dan apa sebabnya ?; 2) Apa solusi untuk memperbaiki kesalahan tersebut ?. Untuk menjawab rumusan-rumusan masalah ini peneliti menggunakan metode deskriptif dan kualitatif untuk penelitian lapangan. Sedangkan cara untuk mengumpulkan data adalah observasi dan wawancara. Setelah melakukan penelitian di MTS Muhammadiyah 4 Sidayu Gresik Jawa Timur. Peneliti menemukan bentuk-bentuk kesalahan mereka yaitu kesalahan-kesalahan dalam mengubah angka menjadi mudzakkar(laki-laki) dan muannats(perempuan) serta kesalahan mengubah keadaan objek yang dihitung. Sedangkan penyebab kesalahannya yaitu pengaruh dari bahasa ibu, kurangnya praktek untuk menulis bahasa Arab, kurang perhatian, dan tidak adanya kitab khusus untuk pelajaran menulis. Dan solusi dari kesalahan tadi, yaitu hendaknya terus mempraktikkan menulis bahasa Arabnya khususnya dalam penulisan angka dan objek yang dihitung, mengulang-ngulang pelajarannya, dan menggunakan metode yang beraneka ragam serta sesuai, agar menambah semangat para siswa. 

Al-Azhariy, Muṣṭafā Maḥmūd. Taysīr Qawāʿid al-Naḥw li al-Mubtadiʾin. Dār al-Ulūm wa al-Hikam, 2011.

Al-Bawwāb, Marwān dan Ḥassān al-Ṭayyān. Qawāʿid al-ʿAdad wa al-Maʿdūd. Kuwait: al-Wa’iy al-Islamiy, 2015.

Al-Ḥāmid, Abdullah bin Ḥāmid. Silsilah Taʿlīm al-Lughah al-ʿArabiyyah al-Mustawā al-Rābiʿ al-Naḥwu. Riyadh: Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud, 2004.

Al-Niqrāṭ, Abdullah Muḥammad. al-Shāmil fī al-Lughah al-ʿArabiyyah. Lebanon: Diyar Futaibah, 2002.

Al-Rājiḥiy, ʿAbduh. ʿIlm al-Lughah al-Taḥbīqiy.

Al-Saʿdiy, ʿAbd al-Raḥmān. Taysīr al-Karīm al-Raḥman. Lebanon: Dār Ibn Hazm, 2003.

Baḥrāni, Imam dan Ḥibah al-Wāfī Raḥmah Mulyā Nugraha. Mafhūm al-ʾAkhṭāʾ al-Lughawiyyah wa al-Farq baynahā wa bayna al-ʾAghlāṭ, 2019.

Djati. Huruf Arab (Kitabah) Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Arab (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV MI Ibrahim Ulul Azmi Cileunyi Bandung). Skripsi. Bandung: UIN Sunan Gunung Jati, 2019.

Hasanah, Siti Nailah. Taḥlīl al-ʾAkhṭāʾ al-Naḥwiyyah fī Kitābah Ṭullāb al-Madrasah al-Thānawiyyah al-Ḥukūmiyyah 1 Blitar. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2019.

Hidayat, Nur. Taḥlīl al-ʾAkhṭāʾ al-Naḥwiyyah wa Muḥāwalah Ḥulūlihā fī Kitābah al-Buḥūth al-ʿIlmiyyah ladā Ṭalabah Qism Āsiyā al-Gharbiyyah Kulliyah al-ʾAdab bi Jāmiʿah al-Muslimīn al-Indūnisiyyah bi Makassar. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2017.

Jāsim, ʿAliy Jāsim. Taḥlīl al-Taqābuliy wa Taḥlīl al-ʾAkhṭāʾ: al-Naẓariyyah wa al-Taṭbīq. Dammam: Maktabah Dār al-Mutanabbiy.

Khairiyyah, Siti Nur. Taḥlīl ʾAkhtāʾ Istiʿmāl Qawāʿid al-Iḍāfah wa al-Ṣifah fī al-Imtiḥān al-ʾAkhīr li Māddah al-ʾInshāʾ ladā Ṭullāb Shuʿbah al-Luhah al-ʿArabiyyah.

Maḥmal, Waḥidah. al-Naḥwu al-ʿArabiy bayna al-ʾIbdāʿ wa al-Ittibāʿ, 2014.

Nurapipah, Lutpi, Penggunaan Metode Eklektik untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis.

ʿUbaidāt, Dhauqān wa Ākharūn. al-Baḥth al-ʿIlmy: Mafhūmuhu, ʾAnwāʿuhu, wa ʾAsālībuhu. Riyadh: Dār ʾUsāmah, 1997.