Isi Artikel Utama

Mubarak Bamualim
Nurcholis Agus Santoso
Nufail Ibnu Muchtar

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media permainan kotak pos dalam meningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab pada siswi SDIT Darus Sunnah Sumbawa. Metode peneltian kuantitatif digunakan dengan desain pre-experimental one-group pretest dan postest yang mana peneliti menguji coba efektivitas media permainan dengan membandikan keterampilan berbicara sebelum dan sesudah diberi tindakan. Subjek penelitian adalah siswi kelas III-B SDIT Darus Sunnah Sumbawa, sampel penelitian berjumlah 16 siswi yang diambil dari populasi yang berjumlah 2 kelas sebanyak 63 orang. Instrument penelitian yang digunakan yaitu tes lisan dengan jumlah 5 soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu paired sample t test dengan hipotesis

Kata Kunci: Media Kotak Pos Keterampilan berbicara
Abd. Wahab Rosyidi and Maml’atul Ni’mah. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press, 2012.

Abdullah al-Ghali and Abdul Hamid Abdullah. Menyusun Buku Ajar Bahasa Arab. padang: Akademia Permata, 2012.

Ali, Jauhar. “PERMAINAN SEBAGAI STRATEGI AKTIF LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB” (n.d.): 33.

Bimantara, Angger. “Faʿāliyah Istikhdām Uslūb Al-Siyāq Fī Taʿlīm al-Mufradāt Li Tarqiyah Mahārah al-Kalām: Bath Tajribiyy
Fī al-Mustawā al-Awwal Fī Jāmiʿah ʿAliy Bin Abī Ṭalib al-Islāmiyyah Bi Surabaya.” Jurnal Al-Fawa’id : Jurnal Agama dan Bahasa 11, no. 1 (October 4, 2021): 47–58.

Hanifah, Umi. Media Pembelajaran Bahasa Arab. surabaya: putra media nusantara, 2011.

Hendri, Muspika. “PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB MELALUI PENDEKATAN KOMUNKATIF” 3, no. 2 (2017): 15.

Muhtadi, Anshori Ahmad. Pengajaran Bahasa Arab Media Dan Metode-Metodenya. jogyakarta: TERAS, 2009.

Munir. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab. jakarta: KENCANA, 2011.

Rizqiana, Eva. “Permainan Bahasa sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab” (n.d.): 13.

Sukiman. Pengembangan Media Pembelajaran,. jogyakarta: Insan Madani, 2012.

Tajuddin, Shafruddin. “PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TINGKAT SEKOLAH DASAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB SISWA” 29, no. 2 (n.d.): 16.