DOI: https://doi.org/10.54214/alfawaid.Vol8.Iss2.47

Authors

Mubarak Bamualim
Keywords: Tarbiyah, Atfal, Tarbiyah al Atfal

Pendidikan anak bukan hanya kewajiban orang tua, namun pendidikan anak memiliki makna yang lebih dari itu, pendidikan adalah investasi jangka panjang orang tua, kemerosotan akhlak pada saat ini disebabkan pola pendidikan yang salah, tidak kontinyu dan terlambat. Islam men gajarkan bahwa pendidikan anak dimulai saat sebelum pernikahan dan setelah pernikahan, pendidikan anak yang dilakukan sebelum pernika han berupa pemilihan pasangan yang baik berdasarkan kriteria yang di perintahkan Nabi. Adapun pendidikan anak yang dilakukan setelah anak itu lahir berupa memberikan tas}fiyyah (pembersihan) dari hal-hal yang buruk, baik dari sisi aqidah seperti syirik, maupun dari sisi akh lak buruk seperti sombong dan lain sebagainya. Disamping mensucikan jiwa anak islam juga memerintahkan untuk mentarbiyah anak seperti, mengajari sholat, takut atau murroqobatullah, kesemua bentuk pendi dikan ini telah dijelaskan Nabi dalam banyak hadis beliau, begitu juga Allah telah menerangkannya di dalam al Qur’an termasuk di dalam surat Lukman.

Ibn Kathīr, Ismā`īl ibn ʿUmar. Tafsīr al-Qurʾān al-ʿAẓīm. (Madinah: Dār Ṭaybah, 1999)

Ibn Mājah, Muhammad ibn Yazīd al-Qazwayniy. Sunan Ibn Mājah. (Dār Ihyāʾ al-Kotob al-ʿArabiyyah-Fayṣal al-Bābiy al-Ḥalabiy).

Ibn Manẓūr, Muhammad Makram ibn ʿAliy. Lisan al-ʿArab. (Beirut: Dār Ṣādir, cet 3, 1414 H)

Al-Albāniy, Muhammad Nāṣir al-Dīn. Silsilah al-Ahādīth al-Ṣaḥīḥah wa Shayʾ min Fiqhihā wa Fawāʾidihā. (Riyad: Maktabah al-Maʿārif, 1995)

Al-Albāniy, Muhammad Nāṣir al-Dīn. Ṣaḥīḥ Sunan al-Tirmiziy. (Riyad: Maktabah al-Maʿārif, 1995)

Al-Albāniy, Muhammad Nāṣir al-Dīn. Ṣaḥīḥ wa Ḍaʿīf Sunan ibn Mājah. (Riyad: Maktabah al-Maʿārif, 1997)

Al-Baghawiy, al-Husain ibn Masʿūd ibn Muhammad ibn al-Farrāʾ. Maʿālim al-Tanzīl fī Tafsīr al-Qurʾān. (Beirut: Dār Ihyāʾ al-Turāth al-ʿArabiy, 1420 H)

Al-Bukhāriy, Muhammad ibn Ismāʿīl Abu ʿAbdillah. Ṣaḥīḥ al-Imām al-Bukhāriy

Al-Tirmiziy, Muhammad ibn ʿĪsā ibn Saurah. Sunan al-Tirmiziy. (Mesir: Shirkah Maktabah wa Maṭbaʿah Muṣṭafa al-Bābiy al-Ḥalabiy, cet. 2, 1975)

Al-Rāziy, Ahmad ibn Fāris ibn Zakariyya al-Qazwīniy. Muʿjam Maqāyīs al-Lughah. (Beirut, Dār al-Fikr, 1979)

Al-Rāziy, Muhammad ibn Abī Bakr ibn ʿAbd al-Qādir al-Ḥanafiy. Mukhtār al-Ṣahhāh. (Beirut: al-Maktabah al-ʿAṣriyyah-al-Dār al-Namūdhajiyyah. Cet. 5, 1999)

Al-Saʿdiy, ʿAbd al-Rahmān ibn Nāṣir ibn ʿAbdillah. Taysīr al-Karīm al-Rahmān fī Tafsīr Kalām al-Mannān. (Riyad: Muʾassasah al-Risālah, 2000)

Al-Ṭabrāniy, Sulaimān ibn Ahmad ibn Ayyūb. Muʿjam al-Kabīr. (Cairo: Maktabah ibn Taymiyyah, 1994)

Al-Naysābūriy, Muslim ibn Hajjāj Abū al-Ḥasan al-Qushayriy. Ṣaḥīḥ Muslim. (Beirut: Dār Iḥyāʾ al-Turāth al-ʿArabiy)