Isi Artikel Utama

Mubarak Bamualim

Proses pembelajaran memiliki beberapa komponen yang saling terkait dan mendukung untuk ketercapaiannya tujuan pembelajaran, komponen tersebut adalah tujuan pembelajaran, guru, media, metode dan siswa. Selain penguasaan materi guru sebagai agent of change juga dituntut untuk bisa memilih dan menggunakan metode yang tepat, penggunaan metode yang tepat dapat mempermudah siswa memahami materi yang disampaikan. Nahwu sebagai salah satu cabang dari ilmu bahasa Arab sering dianggap susah oleh sebagian besar pembelajar Bahasa Arab, dengan penggunaan metode yang tepat akan menjadikan nahwu sebagai materi yang mudah untuk dipahami, penyusunan penelitian ini menggunakan kajian kepustakaan, penulis mengeksplorasi referensi-referensi terkait metode pembelajaran nahwu, dari penelitian yang dilakukan peneliti menemukan ada beberapa metode yang sering digunakan pengajar nahwu yaitu istiqrāʾiyyah, taṭbīqiyyah dan nusūṣ al-muʿādalah.

Kata Kunci: Ṭuruq al-Tadrīs al-Qawāʿid al-Nahwiyyah
Al-Dalimy, ṭoha ʿAli Ḥusein wa Kāmil Muḥammad Najm al-Dalimy. 2004. Asālīb al-ḥadīthah fī Tadrīs Qowāʿid al-Lughoh al-ʿArabiyah. (ʿOmān: Dār al-Shurūq).

Samak, Muḥammad Ṣhōliḥ. al-Tadrīs al-Tarbiyah al-Lughowiyah. Dūna Dzikr ʾIsm al-Madīnah: Dār al-Fikr al-ʿArabiy).

Shaḥātah, Ḥasan. 2002. Taʿlīm al-Lughoh al-ʿArabiyah baina an-Naẓariyah wa al-Taṭbīq. (al-Qāhirah: Dār al-Miṣriyah al-Banāniyah).

Rāgib, Mājid Muḥammad. 2012. Sharḥu al-Dirah al-Bahiyah Naẓom al-Ājūrumiyah fī ʾUṣūl ʿIlm al-Lughoh al-ʿArabiyah. (Damashq: Dār al-ʾUṣmāʿa).

Mudakkūr, ʿAly ʾAḥmad. 2002. Tadrīs Funūn al-Lughoh al-ʿArabiyah. (al-Qāhirah: Dār al-Fikr al-ʿArabiy).

Al-Nāqah. Muḥammad Kāmil. 1405. Taʿlīm al-Lughoh al-ʿArabiyah li Nāṭiqīna bi al-Lughoh Ukhro. Makkah al-Mukarromah: Jāmiʿah Um al-Qurā).

Yaʿqūb, Yanāl. 2015. Risālah al-Duktūrah “Torāʾiq al-Taʿlīm fī al-Qurʾān al-Karīm wa ʾĀrāʾ al-Mudarisīn fī taṭbīqātihā al-ʿAmaliyah”. Damashq: Jāmiʿah Damashq).

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung : Sinar Baru Algensido).

www.slideshare.net/shintiaminandar/hakikat-pendekatan-model-metodedan-teknik-pembelajaran diakses pada 10 Januari 2020, h 16