Isi Artikel Utama

Fedya Ainur

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode bermain peran dalam pengajaran percakapan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas I di Sekolah Menengah Atas Luqman Al Hakim Surabaya.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan instrumen yang digunakan yaitu tes, angket dan wawancara. Adapun hasil penelitian ini adalah bahwasannya penggunaan metode bermain peran untuk pengajaran percakapan efektif dan memberikan pengaruh dalam menumbuhkan atau meningkatkan kemahiran berbicara siswa. Hal itu dapat diketahui karena hasil (to) lebih besar dari (t-table) yaitu 2,77 <17,2> 2,05. Kemudian hasil ini dikuatkan dengan hasil angket yang dibagikan ke siswa bahwasannya 71,43 % dari siswa berpendapat bahwa penggunaan metode bermain peran baik dalam pengajaran percakapan dan baik pula untuk meningkatkan kemahiran berbicara.

Kata Kunci: Metode Bermain Peran Keterampilan Berbicara
ʿAbdullah, ʿUmar al-Ṣadīq. Taʿlīm al-Lughah al-ʿArabiyyah li al-Nāṭiqīn bighairihā al-Ṭuruq, al-Asālīb, wa al-Wasāʾil. (University of Khartoum: al-Dār al-ʿĀlamiyyah. 2008)

ʿAbīdāt. Dhuqān et.al. al-Bahth al-ʿĪlmiy: Adawātuh wa Mafhūmuh wa Asālībuh. (Riyad: Dār Usāmah. 1997)

ʿAdas, ʿAbd al-Rahmān et.al. al-Bahth al-ʿĪlmiy: Adawātuh wa Mafhūmuh wa Asālībuh. (Riyad: Dār Usāmah. 1997)

Al-Anṣāriy, Muhammad ibn Makram. Lisān al-ʿArab. (Beirut: Dār al-Kotob al-ʿĀlamiyyah. 2003)

Al-Nāqah, Muhammad Kāmil. Taʿlīm al-Lughah al-ʿArabiyyah bi Lughāt Ukhrā Usus -Madākhiluh- Ṭuruq Tadrīsih. (Mecca: Wizārah Taʿlīm al-ʿĀliy Ummul Qurā University. 1985)

Al-Samān, Mahmūd ʿĀliy. Al-Taujīh fī Fann Tadrīs al-Lughah al-ʿĀrabiyyah. (Cairo: Dār al-Maʿārif. 1983)

Al-ʿUṣailiy, ʿAbd al-ʿAzīz ibn Ibrāhīm. Ṭarāiq Tadrīs al-Lughah al-ʿArabiyyah li al-Nāṭiqīn bi Lughāt Ukhrā. (Riyad: Imam Mohammad Ibn Saud University. 2002)

Anīs, Ibrāhīm et.al. Al-Muʿjam al-Wasīṭ. (Cairo: Dār al-Fikr. 1976)

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. (Jakarta: Rineka Cipta, cet. 4. 2010)

Ghubāriy, Thaʾir Ahmad et.al. Al-Bahth al-Nauʿiy fī al-Tarbiyyah wa ʿIlm al-Nafsiy. (Oman: Maktabah al-Mujtamaʿ al-ʿArabiy. 2009)

Hanānūn, ʿAbdullah Muhammad. Mahārāt al-ʿAṣf al-Dhihniy wa Dauruhā fī Tanmiyah al-Tafkīr al-Ibdāʿiy ʿInda al-Ṭullāb. 2008)

Ibrahim, Hamādah. Al-Ittijahat al-Muʿāṣirah. (Cairo: Dār al-Fikr al-ʿArabiy. 1987)

Jauhar, Naṣr al-Dīn Idrīs. Al-Bahth al-Tajribiy fī Majāl Taʿlīm al-Lughah al-ʿĀrabiyyah, www.lisanarabi.net, 22 Oktober 2019.

Louis Makluf, al-Munjid fī al-Lughah wa al-Aʿlām. (Beirut: Dār al-Masyriq. 1999)

Madkur, ʿAliy Ahmad. Tadrīs Funūn al-Lughah al-ʿArabiyyah. (Cairo: Dār al-Fikr al-ʿArabiy. 2006)

Madkur, ʿAliy Ahmad. Ṭuruq Tadrīs al-Lughah al-ʿArabiyyah. (Oman: Dār al-Masīrah. 2006)

Madkur, ʿAliy Ahmad. Ṭuruq Tadrīs al-Lughah al-ʿArabiyyah. (Oman: Dār al-Masīrah. 2010)

Qāsim, Amjad. Maṣādīr al-Maʿlūmāt wa al-Bayānāt fī al-Bahth al-ʿIlmiy, http://al3loom.com/?p=1313, 8 December 2019.

Samak, Muhammad Ṣāliḥ. Fann al-Tadrīs li al-Tarbiyyah al-Lughawiyyah. (Cairo: Dār al-Fikr al-ʿĀrabiy. 1998)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Bandung: Alfabeta. 2008)

Ṭuʿaimah, Rushdiy Ahmad. Taʿlīm al-ʿArabiyyah Lighairi al-Nāṭiqīn bihā -Manāhijuh- wa Asālībuh. (al-Ribāṭ: Manshurāt al-Manṭiqah al-Islāmiyyah li al-Tarbiyyah wa al-ʿUlūm wa al-Tsaqāfah. 1989)

ʿUlyān, Ribhiy Muṣṭafā. Al-Bahth al-ʿIlmiy, Ususuh, Manāhijuh wa Asālībuh, wa Ijrāatuh. (Oman: Bayt al-Fikr al-Dauliyyah. 2001)

ʿUlyān. Ahmad Fuād Mahmūd. Al-Mahārah al-Lughawiyyah Māhiyatuha wa Ṭarāiqu Tadrīsiha. (Riyad: Dār al-Moslem. 1992)