Isi Artikel Utama

Fadlan Fahamsyah

Pendidikan merupakan suatu usaha yang sangat penting untuk setiap bangsa, karena melalui proses pendidikan maka budaya dan nilai-nilai luhur suatu bangsa dapat diwariskan kepada generasi berikutnya. Di antara sekian banyak budaya yang perlu diwariskan kepada generasi muda adalah bahasa, karena bahasa marupakan alat yang sangat penting untuk berkomunikasi. Dalam proses pembelajaran bahasa termasuk bahasa Arab, selain diharuskan mengusai hal-hal yang terkait dengan substansi materi ajar, guru juga harus memahami kondisi peserta didik ketika mengikuti pembelajaran bahasa Arab, oleh sebab itu ilmu psikologi pembelajaran bahasa Arab sangat dibutuhkan oleh setiap guru bahasa Arab, penelitian ini akan mengkaji metode-metode kajian psikologi pembelajaran bahasa Arab, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian puataka, dan setelah melakukan kajian peneliti menyimpukan ada beberapa metode kajian psikologi pembelajaran bahasa Arab yaitu : metode introspeksi, observasi, klinis, diferensial, ilmiah dan eksperimen. metode instrospeksi dan eksperimen.

Kata Kunci: Metode Kajian Psikologi Pembelajaran Bahasa Arab
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono., 2013. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Dirgagunarsa, Singgih. 1983. Pengantar Psikologi. Jakarta: Mutiara. 161

Tsanasnabillah, “Metode-Metode dalam Psikologi Pendidikan Beserta Contoh”, [online], di akses dari https://tsanasnabillah.wordpress.com/2016/07/05/metode-metode-dalam-psikologi-pendidikan-beserta- contoh ) pada 28 Oktober 2017.

Djamarah, Syaiful Bahri., 2002. Psikologi belajar. Jakarta : Rineka Cipta.2011. Psikologi

Dudung, Hamdun,. 2006, Psikologi Belajar Bahasa, Al-Arabiyah Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 2 No 2.

Hamdun, Dudung,. 2006, Psikologi Belajar Bahasa, Al-Arabiyah Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 2. No 2.

Kartono, Kartini., 1996, Psikologi Umum Cetakan ke 3.

Latipah, EvA., 2012. Pengantar Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pedagogia.

Mufarokah, Anissatul., 2009, Stategi Belajar Mengaja, Yogyakarta : Teras.

Muna, Naeila Rifatil., 2012, Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah, EL- IBTIKAR Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 1, No 1.

Nuha, Ulin., 2016, Ragam Metodologi Dan Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta: DIVA Press.

Qamari, Anwar, 2003. Pendidikan Sebagai Karakter Budaya Bangsa. Jakarta, UHAMKA Press.

Ramayulis., 2004. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rosyidi, Abd Wahab., dan Mamlu’atul Ni’mah. 2011. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang : UIN- Maliki Press.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain ., 1997, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto., 2010, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta : Kencana Premade Media Group.

Tsanasnabillah, 2017. Metode-Metode dalam Psikologi Pendidikan Beserta Contoh. https://tsanasnabillah.wordpress.com/2016/07/05/metode-metode-dalam-psikologi-pendidikan-beserta-contoh